Struktur Menulis Profil Blogger Versi Kaka Vila

Struktur Menulis Profil Blogger Versi Kaka Vila

Struktur Menulis Profil Blogger Versi Kaka Vila
Mengucapkan terima kasih karena hangatnya sebuah persahabatan. Berterima kasih karena mereka maka kita bisa adalah suatu keharusan. Itu menurut kami.

Mengusung konsep yang demikian maka kaka vila akan terus menulis profil blogger-blogger hebat yang menjadi tempat kami bertanya, berguru, maupun sekedar memaknai arti teman rasa saudara.

Agar deretan aksara yang kami tulis tidak hanya menjadi kata kosong, maka diperlukan sebuah struktur; atau semacam acuan dalam menulis. 

Jika di masa mendatang kaka vila berkesempatan untuk mengulas profil para sahabat yang menginspirasi kami, dia, maupun mereka; maka berikut ini adalah acuan yang akan kami gunakan.

1.     Pembukaan,
2.     Alasan,
3.     Manfaat
4.     Penutup

Pembukaan

Berisi refleksi umum yang coba kami kemas sedemikian rupa untuk mengajak pembaca supaya membaca lebih lanjut. Di bagian ini idealnya harus menarik dan mengesankan, termasuk jujur dan apa adanya bukan ada apanya.

Alasan

Bagian ini kami mencoba mengantarkan dengan kisah singkat, mengapa kami menulis profil blogger tersebut. Baik itu perkenalanan kami, perjumpaan kami, maupun manfaat yang pernah kami terima dari blog tersebut.

Manfaat

Menurut kami ini adalah bagian penting dari seluruh rangkaian penulisan. Maksudnya manfaat apa yang bisa pembaca dapatkan jika berkunjung ke blog yang kami sarankan. Kurang lebih seperti itu poin dari struktur yang ketiga yakni manfaat.

Penutup

Penutup secara struktural kami maksudkan adalah kesimpulan. Namun dalam penerapan akan dibuat bergaya refleksi.

Berikut contoh penulisan profil yang dimaksud
Tuteh Pharmantara Blogger Inspirasi se NTT Versi Makkar

Tulisan tersebut ‘hadir’ sebelum struktur ini dibuat jadi apa adanya saja. Selanjutnya jika ada waktu luang kami akan menulis profil para blogger yang mampu menginspirasi kami. Mereka yang blognya menjadi tempat kami belajar, atau pun mereka yang dengan tulus menawarkan teman rasa saudara***.

Catatan Tambahan:

1.     Tulisan ini bukanlah tips yang kehadirannya untuk mengajari orang lain. Ini hanyalah coretan tidak jelas dari kami.

2.     Kami menulis kembali agar tidak lupa, selanjutnya akan menjadi acuan kami dalam menulis profil blogger. Apabila coretan ini membawa manfaat, itu semua karena Tuhan. Salam damai@.

15 Responses to "Struktur Menulis Profil Blogger Versi Kaka Vila"

  1. Struktur memang sangat penting agar segala sesuatunya lebih terpola dgn baik, sehingga akan sangat membantu pembaca utk lebih memahami pesan yg disampaikan oleh penulis.

    Ditunggu ulasannya pak Guru Martin. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehhee mas ine struktur tak bertepi, semoga bisa menjadi pengingat jika suatu saat saya menulis artikel dengan topik tersebut. Struktur aneh tu mas, hehehe benar tujuannya supaya tulisan tidak jelas saya bisa dipahami saja kwkwk.

      Maturnuhun mas, sudah singga, salam hangat dan tetap semangat dalam berbagi...

      Hapus
    2. Kalau saya biasanya terfocus sama pembuka dan penutup. point yang lain masih tampak kesulitan untuk mengembangkannya. Maklum masih belajar menulis.

      Hapus
    3. Ya ella nmas Bumi, jangan merendah euu. jujur saya suka bangat ama tulisan mas Bumi tidak pernah saya temui yang namanya Typo. Itu hebat mas. alasan kedua uhh blognya mas (desainnya paling mantap). Maksud saya blog Djangkurbumi bukan om kodok hehhee, terima kasih sudah berkunjung, sukses selalu mas.. salam

      Hapus
  2. Manfaat.
    Itu menurutku juga point sangat penting dalam penulisan sebuah artikel.
    Kita sebagai penulis, tentunya wajib menyampaikan manfaat buat banyak pembaca agar mereka yang awalnya tidak tau jadi tau segala informasi yang kita sampaikan.

    Salut, mas Martin membahas tentang hal ini 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe benar mas, soalnya blog ini isinya uuhhh. Mau bilang ga bermanfaat. ntar kalau ditanya, 'kalau gitu kenapa menulis, bingung jawabnya. Jadi ini semacam usaha kecil kami untuk memberi warna lebih dari apa yang kami tulis mas. hehhee

      terima kasih sudah berkunjung mas Himawan, sukses selalu. salam hangat dari kami sekeluarga buat yang di Magelang...

      Hapus
  3. Saya menulis profil blogger asal mengena. Dan itupun tampak menggurui. Sebenarnya itu adalah ringkasan untuk menasehati diri saya sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahha mas bumi ne, sangat merendah sekali. tapi baik makin berisi semakin merunduk saya kagum mas. Ilmu padi diterapkan.. sukses selalu mas...

      terima kasih banyak sudah berkunjung, salam

      Hapus
  4. Kalau saya paling pembukaan trus isi terakhir penutup

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah mas Bumi sama mas Dwi sunggu.... kwkwk tetapi benar adanya pepatah lama, semakin berisi semakin merunduk... Saya kagum sama mas Dwi dan Mas Bumi teladan dan contoh yang harus ditiru. Rendah hati... semoga selalu sukses mas Dwi...

      Tulisan mas Dwi paling mantap, sangat mencerahkan....

      oh ya terima kasih banyak mas sudah berkunjung di blog ini, salam hangat semoga dagangan hari ini lancar hehehe

      Hapus
  5. Kalau saya ... belum bisa sepenuhnya terstruktur hahahah pola menulis yang kadang bikin yang baca pusing. Syukur2 dipahami. Proses belajar akan terus berjalan sampai seterusnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adu ine ngapain si ikut-ikutan mas mas bumi sama mas dwi kwkkw...

      benar-benar para suhu ne... semakin berisi semakin merunduk...

      ole nara jangan buat be sala tingka le kwkwk,

      salam hangat ine, terima kasih sudah berkunjung, sukses selalu dan tetap semangat ya..jaga kesehatan euuu

      Hapus
    2. Ahahahahah pak Martin ini :D intinya tetap satu bagi saya : sama-sama belajar. Salam maitua eeee :)

      Hapus
  6. Tips ini sangat penting untuk memberikan pengalaman pengunjung ketika ketika membaca, tulisan terstruktur dengan baik, dibacanya pun sayang jika melewatkan satu paragraf saja karena semuanya itu penuh info yang dibutuhkan oleh pencari informasi. Terima kasih atas ilmunya.

    BalasHapus
  7. Sama-sama mas Warman, semoga bermanfaat... hehheee kang hanya mencoba untuk membuatnya berstruktur saja, itupun kalau berstruktur ya syukur...

    Terima kasih atas kunjunganya ya mas, salam

    BalasHapus

Anda Sopan Saya pun Segan, Silahkan Berkomentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel