Panduan Menulis Profil Blogger bagi Pemula

Panduan Menulis Profil Blogger bagi Pemula
Teman-teman saya menulis profil blogger menggunakan acun berikut ini

Lihat gambar
Panduan Menulis Profil Blogger bagi Pemula


Pembukaan

Ini bagian yang sangat penting!

Orang akan membaca lebih lanjut atau meninggalkan tulisan anda. Saran saya buat semenarik mungkin.

Teman-teman bisa menggunakan cara yang biasa saya pakai atau buat konsep sendiri, terserah!, tetapi sekali lagi buat semenarik mungkin agar orang membaca lebih lanjut.
Biasanya saya menggunakan 3 cara untuk pembukaan.

1.    Ilustasi kasus
2.    Kutipan
3.    Silogisme dengan tanya

Misalnya kita akan membuat profil blogger pak Bisot dan Ine Tuteh.

Contoh pertama Ilustasi kasus

Hebat benar politisi negeri ini, saat gempa bumi melanda NTB semuanya seperti malekat di siang bolong hadir di NTB, seolah-olah menjadi manusia yang paling perduli di negeri ini. Setelah itu instagram orang-orang hebat di tanah air itu, ramai dengan postingan foto, video, maupun status. Puji Tuhan hari ini kami memberi bantuan ke NTB. Atau saat si Joni anak NTT panjat tiang bendera, layar televisi penuh dengan orang-orang yang merasa paling nasionalisme se Indonesia. Hebat kan manusia di negeri ini?
Namun ada satu sosok yang tidak pamer diri, tetapi karyanya nyata untuk NTT. Dialah.... (sebut nama langsung deskripsi atau sebaliknya)

Teman-teman itu contoh pertama untuk pembukaan. Kasusnya ada, gempa di NTB dan Jhoni si pemanjat tiang bendera. Memang ada dan itu bukan hoax.
***
Kaka kasusnya mana, itu kan kejadian bukan kasus.

Pertanyaan yang cerdas, maksud saya kejadian memang ada dan teman-teman harus ‘melihat’ peristiwa di balik kejadian itu. Kalau teman-teman pakai cara ini, menurut saya pertama harus kritis, kedua harus bisa melihat sisi lain dari sebuah kejadian.

Paham teman-teman?

Semoga penjelasan saya tidak buat pusing euuu...

*Kopinya masih ada?, ngopi dululah biar mantap*

Contoh kedua kutipan

Contoh kedua ini teman-teman harus memiliki gambaran umum atau kesan tertentu tentang sosok blogger yang bernama Bisot.

Misalnya kesan saya tentang pak Bisot, beliau orang yang peduli pada sesama dan tidak mau pamer diri.

Nah dari kesan tersebut, selanjutnya saya cari kutipan para tokoh atau kata mutiara yang sesuai dengan kesan saya.

Contoh kutipan

Yang harus dibabat adalah egoisme dan kebencian, yang mesti dirajut ialah solidaritas dan kepedulian.
Petikan kata bijak yang mengandung refleksi mendalam dari presenter hebat Najwa Shiab di atas, layak jika membahas sosok blogger inspirasi kali ini.
Baginya kepedulian dan kepekean harus terus dipupuk untuk Indonesia yang lebih baik. Namanya....(sebut nama langsung deskripsi atau sebaliknya terserah teman-teman saja).

Itu contoh kedua tentang kutipan. Catatan penting di sini ialah jangan pernah lupa tulis sumber kutipan, walau hanya satu kalimat pendek tetapi itu karya intlektual orang lain yang mesti dihargai (maaf tidak bermaksud mengajari).

Contoh ketiga silogisme dengan tanya

Teman-teman langsung ke contoh kalimatnya ya...

Berdomisili di Jakarta, berdarah sulawesi. Sama sekali tidak ada hubungannya dengan NTT. Namun semangatnya membangun nusa bunga lewat kelas blogger NTT sunggu luar biasa, apa namanya kalau bukan peduli sebutannya?. Dialah.....(sebut nama langsung deskripsi)

Teman-teman itu yang saya maksudkan silogisme dengan tanya.

*Cape ya? Istirhat dululah...*
********
Baik kita mulai lagi ya teman-teman.

Semangat!  

Isi
Di bagian ini ada dua hal teman-teman.

1.    Deskripsi sosok dan kisah perjumpaan,
2.    Manfaat dan rekomendasi.

Teman teman ini adalah bagian paling penting dari seluruh rangkaian penulisan. Maksudnya manfaat apa yang bisa pembaca dapatkan jika berkunjung ke blog yang teman-teman sarankan.

Jangan lupa deskripsi sosok dan kisah perjumpaannya ditulis biar alur penulisan mantap kwkwkkw.

Langsung ke contoh ya...

Mengenal Tuteh Pharmantara lewat tulisan beliau yang berjudul  5 Travel blogger yang konsisten menulis. Melalui tulisan tersebut beliau memberi apresiasinya terhadap para blogger yang konsisten menulis topik tentang traveling; dan melalui tulisan tersebut juga saya berjumpa dan menelusuri satu persatu goresan aksara dalam blog pribadinya. Banyak hal istimewa di sana.

1.    Jika anda pencinta buku dan intlektual kampus, maka anda akan ‘disajikan’  resensi buku pada label ‘buku’.

2.    Jika anda ingin membuat novel namun belum tersalurkan niat mulia tersebut. Rekomendasi saya baca TRIPLET, tiruan kehidupan bergaya novel etnografi nusa bunga lengkap diulas. Ada dalam blog tersebut.

3.    Pencinta trip yang ingin menelusuri pulau bunga dan danau kelimutu. Blogger ini pilihan paling tepat untuk diajak dikusi sebelum memutuskan berangkat. Mengapa? Beliau adalah pencinta trip dan berdomisili di Kab. Ende Nusa Tenggara Timur.

4.    Jika anda ibu-ibu gang atau ibu-ibu zaman now silahkan tengok sejenakBlogpacker. Ada banyak hal istimewa dalam blog tersebut untuk ibu-ibu. Salah satunya adalah tulisan beliau yang berjudul 5 tips agar tetap awet muda.

5.    Ataukah anda seorang pendidik maka pernyataan blogger ini menarik untuk kita simak, “pendidikan bukan hanya tanggung jawab guru di sekolah, tetapi tanggung jawab kita bersama. Yang lebih tahu mengajari yang belum tahu....” dan seterusnya. Pernayataan lengkapnya bisa lihat dalam blog tersebut.

Itu contoh di bagian isi teman-teman

Sabar ya, dikit lagi selesai kok!

Penutup

Bagian ini berisi kesimpulan dari seluruh rangkaian penulisan profil blogger yang teman-teman akan tulis.

Contoh:
1.    Semua orang bisa menjadi berkat. ineTuteh dan pak Bisot adalah berkat yang menginspirasi; karena bukan hanya kata yang dipakai melainkan kerja nyata dengan membangun kelas blogging NTT. Apa namanya, kalau bukan inspirasi sebutannya?

2.    Seterusnya ya...disesuaikan dengan isi tulisan. 

Contoh penutup ini saya buat perpoin, bisa juga teman-teman buat dalam bentuk deskripsi.
Mengapa saya buat perpoin nanti tanya sama sahabat Ansakia tentang literasi digital.
Nulis blog beda dengan skripsi.

Hal ini bisa ditanyakan pada beliau ya perbedaannya apa?.
***
Kurang lebih seperti itu teman-teman struktur atau semacam acuan menulis blog. Gampang kan...? kalau masih bingung kita diskusikan di grup.

Berikut PR yang harus teman-teman kerjakan

1.    Tentukan blogger mana yang mau ditulis.
2.    Isi bagan berikut ini sesuai dengan blogger yang dipilih, bisa juga langsung deskripsi. Ini hanya cara sederhana supaya tulisan lebih berstruktur saja.

Pembukaan


Isi


Penutup



3.    Kembangkan bagan di atas menjadi sebuah tulisan


7 Responses to "Panduan Menulis Profil Blogger bagi Pemula"

  1. Luar biasa, Pak Martin. Ini materi yang sekaligus PR itu, menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta Kelas Blogging NTT. Terima kasih atas materi yang kece ini Pak Marin. Nggae Berka selalu Pak Martin dan Keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia Ine, hehehe betul ngae berka, sebelum diberkati. Kwkwk, maaf belum jalan-jalan ne, sibuk sekali di sekolah..

      Hapus
  2. Ditunggu deh profil profil bloger hebat berikutnya biar saya makin terinspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Dwi tidak perlu cari inspirasi karena mas Dwi sendiri adalah inspirasi yang hidup bagi saya dan para newbie yang lain hehehee

      Hapus
  3. wih ternyata buat profil juga ada formatnya hihi, memang beda kalau guru bahasa indonesia udah terjun ke blogger, aku dulu profilnya malah cuman 2 baris mz hihihi

    BalasHapus
  4. Hahaha mbak Risna ini merendah sekali, tapi itu baik saya kagum dan respek sekali dengan orang yang rendah hati, oh ya soal profil blogger dan guru, itu hanya iseng saja mbak, bukan materi benaran. Hanya semacam berbagi sudut pandang saja dengan para pembaca, syukur jika membawa manfaat, hehehe...

    Terima kasih banyak ya mbak atas kunjungannya...

    BalasHapus
  5. Terkadang saya suka bingung sendiri mau nulis kata-kata untuk profile, terima kasih refrensinya sob... happy blogging

    BalasHapus

Anda Sopan Saya pun Segan, Silahkan Berkomentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel