Kebohongan Ibuku adalah Cinta Paling Tulus yang saya Rasakan

Orang tua mana si yang mengajari anak-anaknya hal-hal yang jelek?. Saya meyakini setiap orang tua pasti selalu mengajari hal-hal baik.

Contoh:
1.   Jangan lupa ibadah,
2.   Jangan lupa belajar,
3.   Jangan berhohong karena itu dosa, dan
4.   Berbagai hal baik lainya.

Tidak demikian dengan ibuku, bagi saya beliau manusia paling pembohong yang pernah saya kenal.
Lebih parah daripada kebohongan wakil rakyat di DPR, kepada rakyatnya jelang pemilu.
Itulah ibuku wanita cantik yang suka bohong, kusebut mama wanita itu.

Berikut daftar kebohongan ibu yang membuat saya sulit, untuk melupakannya sampai sekarang.

1. Jika makanan hanya sepiring semantara kami sama-sama lapar, ini kata ibuku; “ah mama tidak suka makanan itu, kamu aja yang makan”.  
Padahal jelas-jelas itu makanan kesukaan beliau. Apa namanya kalau bukan pembohong?

2.   Jika Natal tiba, baju baru adalah salah satu tradisi keluarga kami, Jika uang tidak mencukupi, ini kata mama kalau beliau bersama saya di pasar. “Kainnya kasar mama nanti tidak nyaman memakainya”.

Dicari keliling pasar 100 kali pun. Sama saja tidak akan ada hasil, berbagai jawaban akan muncul. “Kainya panas, mama tidak suka” dan berbagai dalil yang lainnya.

3.  Jika sakit, ini jawaban mama, “ah tidak mama cuma masuk angin saja”, padahal jelas-jelas badannya lemas dan mukanya pucat.

Daftar kebohongan ibu sebenarnya sangat banyak. Namun untuk apa berpanjang kata dengan kebohongan ibu sendiri. Dosa karena surga di bawah telapak kaki ibu.
***
Lelah menahan beban hidup, pada akhirnya beliau berbaring lemah di rumah sakit.

Dalam kelemahanya karena menahan sakit, senyum manisnya tidak pernah luput; termasuk kebohongannya padaku.

“Sudah mama tidak apa-apa”

Gusarnya hati karena khawatir rupanya diketahui oleh beliau, “sini dekat mama”.

Mama minta maaf jika selama ini membohongimu, dengan pelukan terhangat beliau membisikan kata itu.

“Jika suatu saat engakau punya anak, pasti engkau tahu jawabanya”, senyum paling manis yang terakhir.

Setelah itu beliau “berlalu” dengan para kudus di surga, tepat di malam Natal, 24 Desember 2013.

Selamat Natal mama, surga adalah tempatmu berada. Doakan ananda yang sedang berjuang di dunia yang fana ini.
Kebohongan Ibuku adalah Cinta Paling Tulus yang saya Rasakan
Terima kasih untuk kebohongan ibu selama ini. Hadirnya Yulia Samramdani Karakabu terjawab sudah alasan kebohongan itu. Hanya karena cinta.


Jakarta, 15/12/2018

Catatan ‘melo’ dari ketegaran yang tersembunyi

Martin Karakabu


Mantan pacar mungkin ada, tetapi bisakah disebut mantan ibu?, sembilan bulan mengandungmu, itu perjuangan antara hidup dan mati seorang wanita.

Mendoakan orang tua dan sujud adalah kepatuhan seorang anak.

Hanya nasihat buat anak sekolah dong sa, bukan menggurui sidang pembaca nan luas.

sobat ceritakan padaku kesanmu tentang ibu...

...dan jangan lupa baca juga: Mertuaku The Best

10 Responses to "Kebohongan Ibuku adalah Cinta Paling Tulus yang saya Rasakan"

  1. Mata saya berkaca - kaca membaca artikel ini, saya tahu Mas membuat artikel ini bukan utk bermaksud untuk menjelekan seorang Ibu, melainkan menerangkan sebuah perngorbanan Orang tua, terutama seorang ibu.

    Kita sebagai anak pasti penah merasakan kebohongan seorang ibu, agar anaknya makan,berpakaian dan dll dengan layak.

    Tapi apakah kita pernah berkorban seperti pengorbanan seorang ibu ? sepertinya kita belum pernah, wlau ada pasti jumlahnya sedikit dan tak akan bisa membalas kebaikan seorang ibu.

    Karena itulah dalam ajaran Agama saya ,Dilarang membentak orang tua, mengatakan dengan kata " ah " , karena kalaimat itu sangat menyakitkan mereka.

    Kalau kita belum mampu membahagiankan, paling tidak kita tidak menyakiti hati mereka.

    Yuk, kita doakan dan kita ikhtiarkan untuk kebahagiaan Orang tua kita.Agar mereka bahagia dunia akhirat.

    BalasHapus
  2. Amin Kang Nata, terima kasih banyak, komentarnya sangat mencerahkan sekali, senang rasanya.

    Benar 9 bulan menahan beban, sakitnya saat bersalin semua karena cinta. Itulah wanita hebat yang kita sebut ibu, begitu luar biasanya sosok ibu bagi kita, menghargai wanita dan terutama ibu adalah titah sang khalik, sekali lagi terima kasih banyak atas komentarnya Kang, mencerahkan sekali. salam..

    BalasHapus
  3. Ibu saya pun juga sering bohong kerena hal seperti itu. Pernah pas ia sakit saya khawatir banget trus saya telepon dari tempat kerja. Saya tanya apa udah ke dokter, jawabnya iya, tapi ternyata pas pulang saya baru tahu kalau ibu bohong, karena nggak mau bikin saya cemas dan nggak konsen kerja...
    Jadi terharu... Dan makin sayang...

    BalasHapus
  4. Berbahagialah ibu yang suka bohong karena cinta mereka pasti tidak pernah bohong, kasih ibu sepanjang masa, hehehe. Terima kasih mbak Astria sudah berkunjung, salam. Mencintai ibu bagian dari ibadah dan sujud kita.

    BalasHapus
  5. Kok mata saya jadi panas ya membaca postingan ini, Pak Guru :( saya jadi terharu dan mengingat banyak hal dari Mamatua (mama saya sendiri yang saya panggil Mamatua itu). Memang benar, kebohongan semua ibu/mama di dunia ini adalah cinta paling tulus yang dirasakan anak-anak mereka. Ibu adalah manusia yang berhasil melawan egonya sendiri. Ibu adalah manusia super yang berhasil mengalahkan banyak keinginannya demi anak-anak. Ibu ... apa lagi yang bisa kita bilang? Mereka luar biasa.

    Untuk Ibunya Pak Martin, mari kita berdo'a agar beliau bahagia di surga. Amin.

    BalasHapus
  6. Ine saya sudah seia dan sekata dan komen di awal, eh di bagian akhir kwkwk. Jadi melo ne kwkwkkw. ehmm sio mama e, sagu salempeng bagi dua, kwkwk #lagu ambon tentang mama, terima kasih sudah mampir ine, salam damai...satu dalam karya

    BalasHapus
  7. Ibu saya sifatnya nggak suka mengeluh dan nggak mau merepotkan anak2 nya. Walaupun dalam keadaan sakit kalau masih bisa ditahan nggak akan manggil anaknya agar dtg.

    BalasHapus
  8. Itulah ibu kita mas Aris, wanita terhebat dan cinta pertama kaum pria. terima kasih telah berkunjung mas, salam

    BalasHapus
  9. Kebohongan mama adalah kebohongan yang paling manis di dunia ini. Semoga mama bangga melihat Kaka Guru dari sana.

    Yang sa tra pernah lupa dari mama adalah, makanan buatan mama. Selalu mama usahakan yang terbaik terenak untuk anaknya walaupun beliau tengah lelah pasti diusahakan beliau masak.

    Sioo mamae... Beta rindu... *menyanyi lagi. 😊😊😊

    BalasHapus
  10. Kwkwkwk sembilan bulan di poro mama.... ade lanjutkan nyanyian itu hehheee, Sio ade ko buat kaka jadi sedih saja ne kwkwkkw,

    Itu sudah ade mama adalah cinta pertama dan wanita terindah yang pernah dan akan selalu abadi di setiap langkahku. salam damai dan kagum untuk setiap wanita hebat di manapun berada kwkwk, de.. terima kasih sudah hadir, salam....

    BalasHapus

Anda Sopan Saya Segan, Silahkan Berkomentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

adnow

loading...