Entri yang Diunggulkan

Mertuaku The Best

Wamena Titipan Tuhan yang Ada di Bumi

Berbicara tentang wamena, mungkin tidak semua orang mengetahui tempat ini. Wamena adalah salah satu kabupaten yang terdapat di Papua, lebih tepatnya di pegunungan tengah Papua. Wamena ini juga merupakan kota terbesar sepegunungan tengah papua. Kota wamena ini sangatlah berbeda dengan kota lainnya yang ada di pegunungan tengah papua.

Mengapa saya mengatakan bahwa wamena berbeda dari kota lainnya, karena wamena merupakan surga dan mutiara yang belum banyak tersentuh.

Kota ini terletak di lembah Baliem, juga dialiri sungai Baliem dan diapit pegunungan jayawijaya. Kota wamena juga memiliki udara yang sangat segar dan jauh dari polusi udara berat seperti kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Kata Wamena berasal dari bahasa Dani, yaitu Wa dan Mena yang memiliki arti Babi jinak. Banyak orang mengatakan, ”jika anda sudah ke papua tapi belum pernah menginjak Wamena artinya anda belum pernah ke papua”, karena sebagian orang megatakan bahwa wamena adalah jantung dari Papua.

Wamena memiliki beberapa tempat wisata yang tak kalah menarik dengan kota lainnya:

Mumi wim motok mabel di kurulu

Mumi ini merupakan mumi panglima perang yg berusia 370 tahun. Mumi ini adalah mumi yang terkenal di daerah wamena.

Pasir putih di Aikima

Pasir putih ini seperti pantai tetapi berada di ketinggian 2000 meter. pasir putih ini berpadu dengan batuan karang yang sama seperti di pantai. Pasir putih ini sangat halus jika kita menggenggamnya.

Danau Habema

Danau ini merupakan danau yang terindah di Indonesia. Danau ini dikatakan indah karena latarbelakang danau ini adalah salju khatulistiwa puncak trikora, dengan ketinggian 3.225 meter di atas permukaan laut. Danau habema memiliki suhu yang dingin yaitu 10 derajat saat siang hari dan dibawah 0 derajat saat malam hari.

Wamena juga sudah berdiri kurang lebih selama 62 tahun,berkembang secara pesat dan menjadi kota yang cukup berkembang,tetapi tak terlepas dari berbagai masalah sosial.Wamena  merupakan salah satu kota yang masih sangat membutuhkan perhatian banyak dari pemerintah.Meskipun infrastruktur sudah banyak berkembang,tetapi perlu kita ketahui bersama bukan hanya pembangunan secara gedung yang diperlukan,melainkan pembangunan secara sosial atau pembangunan kualitas masyarakat yang ada.

Berikut beberapa masalah yang marak terjadi di kalangan masyarakat Wamena:
       

Peredaran Miras

Peredaran miras yang terjadi di Wamena sangatlah memprihatinkan.Miras tersebar luas dengan mudah,meskipun sudah banyak petugas yang mengawasi.Berbagai macam cara dilakukan oleh bandar miras agar miras mereka bisa lolos.Tetapi ketika saya melihat secara lebih detail,pengawasan yang  dilakukan pun masih sangat kurang,bahkan masih ada saja petugas yang juga ikut minum miras.

Pencurian

Ketika kita berfikir tentang pencurian,ini merupakan masalah yang tidak terlalu penting,tetapi di kota Wamena kasus pencurian ini  sudah menjadi masalah yang sangat besar.Contoh sepeleh yang bisa saya berikan ialah:”Sendal jepit yang anda tinggalkan didepan teras rumah,bisa saja langsung menghilang ketika anda kembali dalam waktu 5 menit.”Bisa anda bayangkan hanya dalam waktu 5 menit sendal jepit anda bisa langsung menghilang.Juga motor yang anda parkir tanpa mengunci leher motor bisa juga menghilang.Jadi benda sepele saja yang kita letakkan secara teledor bisa  menghilang apalagi benda berharga?

seks bebas

Berbicara tentang seks bebas,ini juga merupakan masalah terbesar yang terjadi di Wamena.Seks bebas terjadi dimana-mana,bahkan terkadang laki-laki yang sudah memiliki istri pun tetap ikut dalam seks bebas ini.Anak-anak remaja juga sudah mengikuti seks bebas.Masalah ini perlu ditanggapi serius oleh pemerintah, pasalnya seks bebas itu,terkadang menghasilkan penyakit yang mengerikan  yaitu”HIV AIDS”.

HIV AIDS merupakan penyakit yang sampai sekarang obatnya pun belum ditemukan.Banyak orang berkata penyakit ini merupakan penyakit kutukan dari Tuhan kepada orang-orang yang melakukan seks bebas.

Melihat beberapa ulasan mengenai beberapa masalah yang terjadi di Wamena,membuat banyak orang merasa prihatin dengan kualitas masyarakat wamena.Kemudian banyak juga masalah yang melibatkan anak-anak remaja Wamena,itu merupakan ancaman bagi generasi selanjutnya.Masalah-masalah ini pun masih agak sulit untuk diatasi karena wamena memiliki tingkat penduduk yang sangat tinggi.

Seharusnya Pemerintah wamena bisa memperhatikan setiap masalah yang terjadi,Karena wamena merupakan kota yang sangat indah,dengan berbagai keindahan alam yang sangat mempesona,yang menarik berbagai macam turis luar negeri,sebagai sumber pendapatan daerah.

Tetapi seperti masalah Miras,Seks bebas,dan pencurian,bisa saja diatasi secara perlahan.Jika pemerintah terus menerus membina masyarakat,memberikan penyuluhan-penyuluhan yang bermanfaat, yang bisa membuka pikiran masyarakat sehingga mereka bisa berpikir lebih luas.

Dan marilah kita sebagai masyarakat,walaupun kita tidak dapat membantu secara langsung,tetapi setidaknya  mari kita panjatkan doa kepada Allah yang Maha Kuasa untuk kota ini. Dan jangan lupa untuk berkunjung di Kota wamena ini yang dijuluki sebagai jantung Papua. (Yemima siswi kelas X SMTK Bethel/anak Papua)

4 Responses to "Wamena Titipan Tuhan yang Ada di Bumi"

  1. Kalau lihat gambar orang Papua naik tangga saya jadi ingat dulu pernah nonton acara di TV, tempatnya keren sekali pak Guru Martin, siapa sih yg nggak kepengin ksana, tapi sayang belum punya uang banyak hehehe

    BalasHapus
  2. Mas Aris jadi youtuber saja biar berkatnya lumayan hehhee, bercanda mas. Benar mas papua itu eksotik dan penuh kisah, mulai orangnya sampai alamnya yang indah dan mempesona, ayo sekali-kali (jika ada berkat) ke sanalah mas, bahas kuliner di Papua...

    Terima kasih sudah mampir mas..

    BalasHapus
  3. Seperti penuturan seorang tourist asing, wisata ke Indonesia itu seperti mengunjungi beberapa negara yg tiap2 daerah menawarkan keelokannya dan kelezatan makanan tradisionalnya.....
    Siapa sih blogger yg nggak mau mengulas tentang pesona indah bumi papua dan juga perbukitan, laut dan savana yg indah di Flores, tempat lahirnya pak Guru Martin,....hanya berharap semoga impian bisa berwujud kenyataan.

    BalasHapus
  4. Oh sio sejuk sekali komentar ini, semoga suatu saat bisa terwujud mas Aris, tetap semangat dalam karya, salam. Terima kasih banyak sudah berkunjung mas...

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel