Selasa, 05 Maret 2019

5 Youtuber Handal dari Maumere Of Flores (Mof)

Posted by Kaka Vila on Selasa, 05 Maret 2019

Maumere adalah salah satu tempat di Kabupaten Sikka, Flores NTT. Bukan hanya memiliki musisi lokal yang berbakat atau alamnya yang indah. 


Maumere atau dikenal oleh kid zaman now menyebut tempat ini MOF, plesetan dari Maumere of Flores.

Kota yang pernah disinggahi pemimpin umat Katolik seluruh dunia (Paus Yohanes Paulus ke 2) ini pun memiliki youtuber-youtuber handal.
Berikut ini 5 Youtuber handal dari Maumere.

1.   Nyong Franco

Mungkin anda yang tidak mendiami pulau Flores tentunya bertanya siapa itu Nyong Franco? 

Nyong Franco adalah pencipta lagu gemu famire. Sampai disini anda pasti ingat lirik lagu sorong ke kiri- sorong ke kanaan yang mendunia itu.

Beliau (menurut) saya lebih dikenal sebagai musisi lokal daripada youtuber, tetapi 44 ribu subscribe pada chanel youtubenya (per 5 Maret 2019) telah menegaskan bahwa pencipta lagu gemu famire itu adalah salah satu youtuber asal Maumere yang handal.

Beda dengan youtuber-youtuber zaman now yang seenaknya cover ulang video orang lain, youtuber yang satu ini karyanya selalu original. 

Koneten youtubenya tentang musik lokal Maumere.

Selanjutnya silahkan lihat gamar berikut ini, 
5 Youtuber Handal dari Maumere Of Flores (Mof)
Kunjungi dan jangan lupa subscribe, agar beliau semakin semangat dalam karya dan selalu menginspirasi anak muda di Maumere.

2.   AtmanREC

Entah siapa dibalik chanel youtube AtmanREC, saya tidak tahu, yang pasti dia dan mereka yang berada di balik AtmanREC adalah orang-orang hebat, kreatif, dan bersahaja.

Jujur saya sendiri pun tidak tahu dengan pasti, apakah youtuber ini orang Maumere atau bukan; tetapi salah satu lagu berirama rege pada chanelnya meyakinkan saya bahwa yang bersangkutan setidaknya paham tentang Maumere. 

Ini bisa dibuktikan dengan judul lagu Natar Bliran (kalau tidak salah artinya kampung dingin. Makna harafianya kira-kira seperti itu, mohon dikoreksi jika salah).
5 Youtuber Handal dari Maumere Of Flores (Mof)
Imung deung, luur dolor mogan sawen (teman-teman dan saudara-saudari semua, mohon dikoreksi kalau salah), jangan lupa kunjungi AtmanREC. Tonton, subscribe, dan bagikan agar mereka semakin bersemangat dalam menghadirkan khasana lokal MOF lewat lagu.

3.   Wiem Ladjadjawa

Sama dengan orang dibalik AtmnREC, Wiem Ladjadjawa pun saya kurang paham apakah beliau berasal dari Maumere atau bukan.

Klaim saya beliau putra Maumere karena lagu regge party. Sebuah kolaborasi antara staylis regge musik dengn bahasa Maumere yang super keren.
5 Youtuber Handal dari Maumere Of Flores (Mof)
Demikian tiga dari lima youtuber handal dari MOF (Maumere Of Flores), selanjutnya silahkan tulis komentar anda, siapa saja youtuber-youtuber handal Maumere lainnya supaya ditambahkan menjadi 5.

Epan gawan semuanya. Amapu benjer

Catatan penting:

1.   Ini bukan ulasan berbayar (saya pun tidak mengenal secara personal dengan youtber-youtuber di atas, saya hanya ingin mengajak siapapun yang membaca tulisan ini untuk mendukung youtuber-youtuber di atas agar terus berkarya dan mengembangkan budaya lokal Maumere lewat karya mereka yang luar biasa).

2.   Mohon maaf jika ada kesalahan kata atau informasi, silahkan diperbaiki lewat kolom komentar.

3.   Epan gawan semuanya, Amapu benjer artinya terima kasih banyak, Tuhan berkati (teman-teman yang paham bahasa Maumere dengan baik, mohon koreksi jika salah redaksi penulisan).

4.   Selanjutnya silahkan kunjungi Chanel Youtube berikut dan subscribe ya (bagi yang belum dan mau)
***
1.   Chanel youtube Nyong Franco  (klik di sini)
2.   Chanel youtube AtmanREC       (klik di sini)
4.   Chanel youtube Wiem                (klik di sini)

Previous
« Prev Post

2 komentar:

  1. Hebat betul, subscribernya sudah puluhan ribu gitu. Wah saya harus lebih bersemangat lagi.

    BalasHapus
  2. Terima kasih postingannya, Pak Guru. Saya baru pernah tahu Nyong Franco, tapi memang banyak Youtuber Maumere yang kece-kece dengan lagu-lagu mereka yang aduhai pasti ada di setiap pesta di Flores. Salut to the max!

    BalasHapus